KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Prinsip-Prinsip
Kegiatan Belajar-Mengajar
-Berpusat pada siswa
-Belajar dengan melakukan
-Mengembangkan kemampuan sosial
-Mengembangkan keingintahuan,
imajinasi, dan fitrah
bertuhan
-Mengembangkan
keterampilan pemecahan masalah
-mengembangkan kreatvitas siswa
-mengembangkan kemampuan menggunakan
ilmu dan teknologi
Panduan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Efektif
-Pembelajaran efektif
bersifat eklektik
-Pembelajaran
efektif berkaitan langsung dengan keberhasilan pencapaian
pengalaman belajar
-Pembelajaran
efektif menguatkan praktek dalam tindakan
-Pembelajaran
efektif mengintegrasikan komponen-komponen kurikulum inti
-Pembelajaran
efektif bersifat dinamis dan dapat membangkitkan kegairahan
-Pembelajaran
efektif merupakan perpaduan antara seni dan ilmu tentang pengajaran
-Pembelajaran
efektif membutuhkan pemahaman komprehensif tentang siklus pembelajaran
Guru, Peserta Didik, dan Pembelajaran
Peran
Guru :
•memperhatikan
dan bersikap positif;
•mempersiapkan
baik isi materi pelajaran maupun praktek pembelajarannya;
•memiliki
ekspektasi yang tinggi terhadap siswanya;
•memiliki
sensitivitas dan sadar akan adanya hubungan antara guru, siswa, serta tugas
masing-masing;
•konsisten
dan memberikan umpan balik positif kepada siswa.
Peran
Siswa :
•tertarik
pada topik yang sedang dibahas;
•dapat
melihat relevansi topik yang sedang dibahas;
•merasa
aman dalam lingkungan sekolah;
•terlibat
dalam pengambilan keputusan belajarnya;
•memiliki
motivasi;
Tugas
pembelajaran :
•spesifik dan dapat dikelola dengan baik
•kemampuan
yang dapat dicapai dan menarik bagi siswa
•secara
aktif melibatkan siswa
Kerangka Kerja Pengajaran
Model-model Pembelajaran
1.Model menggambarkan
tingkat terluas dari praktek pendidikan dan berisikan orientasi
filosofi
pembelajaran.
2.Model digunakan untuk
menyeleksi dan menyusun strategi pengajaran, metode,
keterampilan, dan
aktivitas siswa untuk memberikan tekanan pada salah satu bagian
pembelajaran
(topik konten).
3.Joyce dan Weil (1986)
mengidentifikasi empat model yakni (a) model proses informasi,
(b) model
personal, (c) model interaksi sosial, dan (d) model behavior.
Strategi Pembelajaran
1.Dalam setiap model
terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan.
2.Menurut arti secara
leksikal, strategi adalah rencana atau kebijakan yang
3.dirancang untuk
mencapai suatu tujuan.
4.Dengan demikian
strategi mengacu kepada pendekatan yang dapat dipakai oleh guru
untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
5.Strategi
dikelompokkan menjadi strategi langsung (direct), strategi tidak langsung
(indirect), strategi
interaktif (interactive), strategi melalui
pengalaman (experiential),
danstrategi
mandiri (independent).
Metode-Metode Pmebelajaran
1. Metode digunakan oleh
guru untuk mengkreasi lingkungan belajar dan menkhususkan
aktivitas di mana
guru dan siswa terlibat selama proses pembelajaran berlangsung.
2. Biasanya metode
digunakan melalui salah satu strategi, tetapi juga tidak tertutup
kemungkinan
beberapa metode berada dalam strategi yang bervariasi
Keterampilan-keterampilan Pembelajaran
1.Keterampilan
merupakan perilaku pembelajaran yang sangat spesifik.
2.Di dalamnya terdapat
teknik-teknik pembelajaran seperti teknik bertanya, diskusi,
pembelajaran
langsung, teknik menjelaskan dan mendemonstrasikan.
3.Dalam
keterampilan-keterampilan pembelajaran ini juga mencakup kegiatan perencanaan
yang dikembangkan guru, struktur dan fokus pembelajaran, serta pengelolaan
pembelajaran.
Strategi Pengajaran
1. Strategi Pembelajaran Langsung (direct instruction)
2. Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (indirect instruction)
3. Strategi Pembelajaran Interaktif (interactive instruction)
4. Strategi Belajar Melalui Pengalaman (experiential learning)
5. Strategi Belajar Mandiri (independent study)
Metode Pengajaran
1. Pembelajaran langsung
2. Pembelajaran tidak langsung
3. Belajar melalui pengalaman
4. Belajar mandiri
5. Belajar interaktif
Pengembangan Media
Pengertian Media
MEDIA adalah segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima
sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta
perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi.
Kegunaan Media
•Memperjelas
pesan agar tidak terlalu verbalistis
•Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera
•Mengatasi
sikap pasif siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar