Senin, 08 September 2014

Halaman Dua (Ringkasan Materi Minggu 1)

KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
 
Prinsip-Prinsip Kegiatan Belajar-Mengajar
-Berpusat pada siswa
-Belajar dengan melakukan
-Mengembangkan kemampuan sosial
-Mengembangkan keingintahuan, imajinasi, dan fitrah bertuhan
-Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah
-mengembangkan kreatvitas siswa
-mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu dan teknologi
 
Panduan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Efektif
-Pembelajaran efektif bersifat eklektik
-Pembelajaran efektif berkaitan langsung dengan keberhasilan pencapaian   
  pengalaman belajar
-Pembelajaran efektif menguatkan praktek dalam tindakan
-Pembelajaran efektif mengintegrasikan komponen-komponen kurikulum inti
-Pembelajaran efektif bersifat dinamis dan dapat membangkitkan kegairahan
-Pembelajaran efektif merupakan perpaduan antara seni dan ilmu tentang pengajaran
-Pembelajaran efektif membutuhkan pemahaman komprehensif tentang siklus pembelajaran
  
Guru, Peserta Didik, dan Pembelajaran
 
Peran Guru :
memperhatikan dan bersikap positif;
mempersiapkan baik isi materi pelajaran maupun praktek pembelajarannya;
memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap siswanya;
memiliki sensitivitas dan sadar akan adanya hubungan antara guru, siswa, serta tugas
  masing-masing;
konsisten dan memberikan umpan balik positif kepada siswa.
Peran Siswa :
tertarik pada topik yang sedang dibahas; 
dapat melihat relevansi topik yang sedang dibahas; 
merasa aman dalam lingkungan sekolah; 
terlibat dalam pengambilan keputusan belajarnya; 
memiliki motivasi; 
Tugas pembelajaran :
spesifik dan dapat dikelola dengan baik
kemampuan yang dapat dicapai dan menarik bagi siswa
secara aktif melibatkan siswa
 
Kerangka Kerja Pengajaran 
 
 Model-model Pembelajaran 
1.Model menggambarkan tingkat terluas dari praktek pendidikan dan berisikan orientasi 
  filosofi pembelajaran. 
2.Model digunakan untuk menyeleksi dan menyusun strategi pengajaran, metode, 
  keterampilan, dan aktivitas siswa untuk memberikan tekanan pada salah satu bagian 
  pembelajaran (topik konten). 
3.Joyce dan Weil (1986) mengidentifikasi empat model yakni (a) model proses informasi, 
  (b) model personal, (c) model interaksi sosial, dan (d) model behavior.
 
Strategi Pembelajaran 
1.Dalam setiap model terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan. 
2.Menurut arti secara leksikal, strategi adalah rencana atau kebijakan yang 
3.dirancang untuk mencapai suatu tujuan. 
4.Dengan demikian strategi mengacu kepada pendekatan yang dapat dipakai oleh guru 
  untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
5.Strategi dikelompokkan menjadi strategi langsung (direct), strategi tidak langsung
  (indirect), strategi interaktif (interactive), strategi melalui pengalaman (experiential), 
  danstrategi mandiri (independent).
Metode-Metode Pmebelajaran
1. Metode digunakan oleh guru untuk mengkreasi lingkungan belajar dan menkhususkan
   aktivitas di mana guru dan siswa terlibat selama proses pembelajaran berlangsung.
2. Biasanya metode digunakan melalui salah satu strategi, tetapi juga tidak tertutup  
   kemungkinan beberapa metode berada dalam strategi yang bervariasi

Keterampilan-keterampilan Pembelajaran
 
1.Keterampilan merupakan perilaku pembelajaran yang sangat spesifik.
2.Di dalamnya terdapat teknik-teknik pembelajaran seperti teknik bertanya, diskusi, 
  pembelajaran langsung, teknik menjelaskan dan mendemonstrasikan.
3.Dalam keterampilan-keterampilan pembelajaran ini juga mencakup kegiatan perencanaan 
 yang dikembangkan guru, struktur dan fokus pembelajaran, serta pengelolaan
 pembelajaran.

Strategi Pengajaran

1.  Strategi Pembelajaran Langsung (direct instruction)
 
2.  Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (indirect instruction)
 
3.  Strategi Pembelajaran Interaktif (interactive instruction)
 
4.  Strategi Belajar Melalui Pengalaman (experiential learning)
 
5.  Strategi Belajar Mandiri (independent study)

Metode Pengajaran 
1. Pembelajaran langsung
2. Pembelajaran tidak langsung
3. Belajar melalui pengalaman
4. Belajar mandiri
5. Belajar interaktif

Pengembangan Media 

Pengertian Media
MEDIA adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi.
 
Kegunaan Media
Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera
Mengatasi sikap pasif siswa 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar