Refleksi
Pada
observasi hari ketiga, Juma’at 19 September 2014 saya dan kelompok saya mulai
melakukan dan mengamati kegiatan belajar mengajar di kelas. Disini kami ikut
serta dalam membantu mentor dalam pelaksanaan pembelajaran tentanmg sub tema
kepahlawanan. Yang kebetulan pada observasi ke tiga ini KBM dilaksankan di
perpustakaan. Disini kaelompok kami mengamati bagaimana guru memberikan materi
dan tugass kepada siswa. Selain itu ada beberapa siswa yang mau bertanya kepada
saya dan kelompok saya tentang soal yang diberikan gurunya. Kami juga sempat
sharing sharing kepada anaka- anak. Kemudian guru mengajak meneruskan
pembelajaran untuk dilangsungkan atau dilanjutkan dikelas. Dan ketika ibu guru
atau mentor tengah sibuk memberikan RPP untuk membantu tugas yang kami tanyakan
saya serta teman selaku kelompok saya turut membantu ibu Faridha untuk
mengkondisikan kelas sementara agar tidak ramai. Dikelas kami membantu siswa
dan mengarahkan tugas dalam mencari profil kepahlawanan. Yaitu mengenai
kelahiran, perjuangan hingga wafatnya.
Dari hasil observasi ini saya
mendapatkan banyak tambahan pengetahuan mulai dari cara mengajar dan mengatasi
siswa siswa yang agak susah diatur serta mengetahu bagaimana mengatasi
ABK( Anak Berkebutuhan Khusus ).
Adapun
kesulitan atau hambatan kami ialah kami
belum bisa efektif dalam melaksanakan proses pembelajaran dikelas, kurang bisa
mengatur siswanya yang agak nakal agar menghargai teman lainnnya yang ingin
belajar, serta penggunaan media berbasis ICT selanjutnya.
Untuk
mengatasi hambatan tersebut mungkin kami akan melakukan banyak komunikasi
dengan mentor serta memberikan semangat atau motivasi pada anak-anak yang belum
punya keamauan keras untuk belajar dan menjadikan mereka bahawa belajar itu
menyanangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar